Jumat, 26 Maret 2010

Hal Kecil Yang Bisa Menyelamatkan Bumi

1. Stop Membuang Sampah Sembarangan,

Ini merupakan Hal yang paling dasar yang diajarkan kepada kita ketika kita masih kecil, namun pada kenyataannya masih banyak (maaf) manusia" egois yang membuang sampah tidak pada tempatnya, sehingga menimbulkan Pencemaran Berat, Baik terhadap Lingkungan maupun terhadap Sumber daya Alam.

Solusi :Buanglah sampah pada tempatnya, dan bedakan antara sampah kering (organik)-bisa terurai, dan sampah basah (anorganik)-tidak bisa terurai.
2. Stop Memakai Kantong Plastik (kresek),

Terkadang setiap kita belanja di Supermarket, di Pasar, di toko, bahkan beli gorengan, semuanya memakai kantong Plastik kresek, tapi tahukah agan bahwa Plastik itu merupakan Limbah no.1 di dunia yang tidak bisa terurai dengan cepat, Plastik kresek hitam yang kita pakai untuk belanja gorengan bahkan membutuhkan waktu hampir 100 tahun untuk terurai di dalam tanah.

Solusi :Cobalah setiap kali agan belanja di supermarket atau dimana saja, Bawa Kantong Plastik atau Tas Belanja sendiri, selain lebih praktis bisa dipakai berkali-kali, agan juga ikut berkontribusi untuk menyelamatkan bumi
3. Stop Memakai Kendaraan Bermotor,

Mungkin agan" sudah tau semua, asap dari kendaraan bermotor berbahan bakar minyak membuat Polusi di Bumi ini semakin parah, selain mencemari lingkungan, Polusi ini juga berdampak pada kenaikan suhu Bumi.

Solusi : Naiklah Kendaraan Umum menuju Kantor ataupun sekolah, Sepeda merupakan transportasi terbaik, kota" besar di luar negeri seperti di Berlin dan Beijing, 80% penduduknya mengandalkan sepeda untuk transportasi, selain ramah lingkungan, badan kita pun menjadi sehat.

4. Stop Pemakaian Listrik Berlebihan

Krisis Energi saat ini sedang melanda Dunia Gan, Terlebih Krisis Energi maupun Pasokan Listrik di Indonesia begitu mengkhawatirkan, setiap tahunnya PLN defisit Listrik lebih dari 5000Mw. Kebanyakan Pembangkit Listrik di Indonesia masih memanfaatkan sumber daya Batu bara, semakin banyak listrik yang dibutuhkan semakin banyak Batu Bara yang di keruk dari dalam perut bumi, dan hal ini akan menimbulkan kerusakan lingkungan.

Solusi : Matikan Lampu dan Alat Elektronik yang tidak perlu untuk dinyalakan, Save The Earth !!!

5. Stop Pemakaian Air Berlebihan

Sumber Daya Air bersih di Bumi ini semakin menipis, makin banyak daerah di dunia ini yang mengalami kekeringan, dan tahukah agan" sekalian bahwa 1000 orang tiap hari di dunia ini mengalami dehidrasi, dan mati kehausan?

Solusi : Mandilah dengan Shower, jangan Gayung (apalagi Bath tub) lebih menghemat air, gunakan Air Mineral seperti Aq*a, untuk konsumsi air minum, Untuk mencuci usahakan ditampung dulu airnya di dalam wadah.

6. Stop Penebangan Pohon dan tanaman

Penebangan pohon akan berakibat terhadap ekosistem bumi yang berubah menjadi lebih panas, hal ini disebabkan karena semakin dikitnya CO2 yang dapat diserap oleh tumbuhan sehingga Gas CO2 terakumulasi menjadi lebih banyak di Atmosfer, dan menyebabkan Bumi menjadi Tandus dan kering, Selain itu pula Tanaman berguna untuk menjaga daerah resapan air, Gak aneh ketika jakarta ataupun Bandung kebanjiran Gan, Pohon" dan Tanaman yang seharusnya menyerap air di potong semua.

Solusi : Tanam Pohon Gan (bebas pohonnya), satu saja, mungkin itu gk terlalu berat utk anda, tapi sangat bermanfaat untuk bumi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar