Jumat, 26 Maret 2010

Hobi Bermain Mobil RC

hobby merupakan suatu kegemaran seseorang terhadap sesuatu. nah sesuatunya ini bisa bermacam-macam. ada yang gemar terhadap olah raga, makan, membaca, nonton, koleksi barang, sampai dengan tidur.

saya secara pribadi memiliki hobbi membaca dan menulis. disamping itu saya juga hobbi untuk mengkoleksi miniatur kendaraan. karena belum sanggup untuk beli mobil beneran jadi ya, saya mengkoleksi mobil scale. mobil scale ini memiliki skala mulai dari 1/8, 1/10, 1/32, 1/ 24, 1/36, 1/ 64, 1/72, dll. jenis mobil scale secara umum ada Diecast, Model Kit, maupun Remote Control.

Diecast biasaya memiliki bahan yang terbuat dari besi. walaupun tidak semua bagian terbuat dari besi. ada juga bagian yang plastik atau karet. biasanya, ketika kita membeli diecast kita tidak perlu merakit terlebih dulu mobil scale kita. karena sudah dirakit oleh pabriknya. kita tinggal mencari bentuk mobil yang kita inginkan. merk diecast yang terkenal karena banyak dikoleksi orang adalah Hotwheels, Tomica, MatchBox, Majorete, ebbro, saico, dll.

Model kit merupakan mobil scale yang biasanya terbuat dari bahan plastik. berbeda dengan diecast, model kit memerlukan proses perakitan sebelum arkhirnya kita mendapatkan bentuk mobil yang kita ingin kan. contoh sederhananya seperti kita merakit mini 4 WD. tapi jangan kira merakit model kit itu perkara yang mudah. merk model kit antara lain: Tamiya, Aoshima, Fumiya, dll

Remote control merupakan mobil scale yang dapat bergerak. ada mekanisme penggerak didalamnya. RC ter dapat dua jenis berdasarkan tenaga penggeraknya. ada yang digerakkan dengan tenaga batrai, ada juga yang digerakan dengan mesin yang berbahan bakar nitrogen. untuk merk RC tertentu, kita perlu merakit terlebih dahulu sebel mobil terbentuk. namun, merk yang lain juga ada yang menawarkan kemudahan dengan tidak perlu melakukan proses perakitan, karena sudah dirakit dari pabrik. untuk produk yang seperti ini biasa di beri logo dengan tulisan QD(Quick Drive) atau RTR(Ready To Run). merek untuk RC yang terkenal adalah Tamiya, Kyosho, dan HPI

harga mobil scale berfariasi. untu diecast harga mulai dari 17rb. untuk model kit harga mulai dari 150rb. untuk RC harga mulai 50rb. tentunya tidak ada batas atas untuk harganya. ada juga yang harganya jutaan rupiah. biasanya harga dipengaruhi oleh skala, tingkat detail, atau merek.

ya, itulah hobby saya. semoga ada yang tertarik. boleh kita ngobrol bareng, yuk… ☺☺☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar